| 2 komentar ]

Salah satu langkah yang sangat praktis agar blog kita bisa dikenal oleh para pengguna internet diseluruh dunia, lebih khusus lagi para blogger yaitu dengan cara mendaftarkan ke seluruh mesin pencari yang ada (search engine). Akan terasa sepi dan percuma apabila blog yang kita bangun dengan isi postingan menarik dan template yang amat dinamis itu belum bisa di singgahi oleh orang lain.
Kali ini saya akan memberikan sedikit informasi yang mungkin berguna, berkaitan dengan cara mendaftarkan blog/web ke search engine, atau lebih familiar di telinga kita bagian dari promosi blog. Google merupakan search engine yang paling banyak digunakan oleh para pengguna internet diseluruh dunia, begitu juga yang tidak mau kalah.

1. Mendaftarkan ke Search Engine Google

Kita bisa langsung mengunjungi alamat ini http://www.google.com/addurl/, kalau sudah sampai ke alamat itu, ada beberapa isian yang harus kita penuhi.


URL : Masukan alamat blog kita disini (ex. http://mak-tekaje.blogspot.com)
Commnets : Isi dengan uraian tentang blog kita. Atau bisa dengan keyword/kata kunci tentang blog kita.
Isi kotak kosong dengan verfikasi kode yang diberikan diatasnya.
Setelah itu bisa langsung klik Add URL.
Setelah blog kita didaftarkan, maka Google tidak akan secara otomatis langsung mengindex alamat blog kita. Beberapa waktu harus kita tunggu, sekitar 1 minggu baru blog kita bisa terindeks oleh google.

2. Mendaftarkan ke Search Engine Yahoo

Untuk mendaftarkan blog kita ke sana bisa langsung klik disini. Terlebih dahulu kita harus mempunyai account atau email di yahoo. Setelah itu kita akan dibawa pada tampilan seperti ini dibawah ini :


Di sana ada dua kolom pilihan; Submit a Website or Webpage dan Submit Site feed. Kita boleh mengisi pada bagian Submit a Website or Webpage saja, setelah kita memasukan alamat blog, bisa langsung klik Addurl.

2 komentar

Imas_LifeWalker said... @ February 20, 2008 at 9:18 PM

mmmm... blog yang sangat bermanfaat....

kalau ada yang baru-baru lg kasi tau lagi ya kang..... :)

Anonymous said... @ January 21, 2009 at 10:40 PM

ok ok keren nih boleh dicoba

Post a Comment